KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
Jenis Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kurikulum : KTSP
Alokasi Waktu : 120 menit
Jumlah Soal : 50
Tahun Pelajaran : 2010/2011
NO | STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | INDIKATOR KOMPETENSI LULUSAN | MATERI | BAHAN KELAS | INDIKATOR SOAL | BENTUK SOAL | NO SOAL |
1 | 1. Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan | Dapat mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi,proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan | Vulkanisme Sedimentasi Batuan | VII/1 | Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis erupsi Siswa dapat mengidentifikasi tenaga sedimentasi penyebab terjadinya bentukan alam di muka bumi Siswa dapat melengkapi bagan siklus batuan | PG PG PG | 1 2 3 |
2. | 3. Membuat sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan | 3.1. Dapat menggunakan peta,atlas dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan | Unsur-unsur peta Atlas | VII/2 | Siswa dapat mengidentifikasi salah satu unsur peta Siswa dapat menyebutkan perbedaan unsur-unsur atlas dan peta | PG PG | 4 5 |
| | 3..2. Dapat membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan obyek geografi | Peta tematik | VII/2 | Disajikan data, siswa dapat mengurutkan langkah-langkah pembuatan peta tematik | PG | 6 |
3 | 4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan | 4.4. Dapat mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfir dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan | Susunan lapisan atmosfir | VII/2 | Disajikan gambar lapisan atmosfir, siswa dapat menunjukkan lapisan atmosfir yang dapat memantulkan gelombang radio atau tempat gejala cuaca dan iklim. | PG | 7 |
| | | Jenis-jenis angin lokal | VII/2 | Disajikan gambar siswa dapat menyebutkan jenis angin lokal tertentu | PG | 8 |
| | | Bentuk-bentuk tubuh air permukaan | VII/2 | Disajikan data siswa dapat menunjukkan nama bentuk-bentuk tubuh air permukaan | PG | 9 |
| | | Perairan laut | VII/2 | Siswa dapat menyebutkan perairan laut menurut kedalamannya | PG | 10 |
4 | 6. Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan | 6..1. Dapat mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan. | Bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup. | VIII/1 | Disajikan data, siswa dapat mengklasifikasikan bentuk-bentuk pencemaran lingkungan. | PG | 11 |
| | | Usaha pelestarian lingkungan hidup. | VIII/1 | Siswa dapat menyebutkan usaha penanggulangan bahaya tanah longsor | PG | 12 |
| | 6.2. Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap kehidupan. | Kuantitas penduduk | VIII/1 | Disajikan data, siswa dapat mengklasifikasikan akibat persebaran penduduk tidak merata | PG | 13 |
| | | Kualitas penduduk | VIII/1 | Siswa dapat menyebutkan usaha yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi masalah kualitas penduduk | PG | 14 |
5 | 9. Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera, keterkaitan unsur-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju dan berkembang | 9.1. Dapat mengidentifikasi ciri-ciri negara maju dan negara berkembang | Ciri-ciri negara maju | X/1 | Menyebutkan ciri-ciri negara maju | PG | 15 |
| | | Contoh negara-negara maju beserta alasannya | IX/1 | Menyebutkan contoh negara maju beserta alasannya | PG | 16 |
| | | Ciri-ciri negara berkembang | IX/1 | Menyebutkan ciri-ciri negara berkembang | PG | 17 |
| | | Contoh negara-negara maju beserta alasannya | IX/1 | Menyebutkan contoh negara berkembang | PG | 18 |
| | 9.2. Dapat mengidentifikasi Negara-negara kawasan Asia Tenggara | Perekonomian Negara-negara Asia Tenggara | | Menyebutkan komoditas ekspor salah satu negara di Asa Tenggara | PG | 19 |
| | | Negara-negara dikawasan Asia Tengara | IX/2 | Menunjukkan salah satu Negara di kawasan Asia Tenggara | PG | 20 |
| | 9.3. Dapat mengidentifikasi benua dan samudra | Karakteristik benua dan samudera | | Menyebutkan nama Negara di dunia | PG | 21 |
| | | Peta Samudera | | Dapat menunjukkan lokasi salah satu samudera di dunia | PG | 22 |
6 | 5. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan sejak Pra-Aksara, Hindu Budha, sampai masa Kolonial Eropa | 5.1. Dapat mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan sejak Pra Aksara, Hindu Budha sampai masa Kolonial Eropa | Jenis-jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia | VII/1 | Menyebutkan salah satu jenis fosil manusia purba terbesar dan tertua yang ditemukan di Indonesial | PG | 23 |
| | | Proses masuknya agama Hindu ke | | Menyebutkan salah satu teori tentang pembawa agama Hindu ke | PG | 24 |
| | | Peninggalan Kebudayaan Hindu Budha di Indonesia | | Menyebutkan peninggalan kebudayaan Hindu di wilayah Kabupaten Kediri | PG | 25 |
| | | Tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia | | Menyebutkan tujuan kedatangan bangsa Portugis ke Indonesia | PG | 26 |
| | | Reaksi rakyat Indonesia terhadap bangsa Eropa | | Menyebutkan latar belakang terjadinya perlawanan Pangeran Diponegoro terhadap Belanda | PG | 27 |
7 | 7. Memahami proses kebangkitan nasional, usaha persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia | 7.1. Dapat menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional.identitas nasional dan pergerakan kebangsaan | Organisasi yang lahir pada masa pergerakan nasional | VIII/1 | Dapat menyebut salah satu orgnisasi yang lahir pada masa Radikal | PG | 28 |
| | 7.2. Dapat menjelaskan Proses Persiapan Kemerdekaan | Pembentukan BPUPKI | VIII/2 | Dapat menyebutkan hal hal yang dibahas dalam Sidang BPUPKI | PG | 29 |
| | 7.3. Dapat mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan | Aktivitas diplomasi | IX/1 | Dapat menyebut isi keputusan dari Konferensi meja Bundar | PG | 30 |
| | 7.4. Dapat mendeskripsikan perjuangan bangsa | TRIKORA | IX/2 | Dapat menyebut isi dari Trikora | PG | 31 |
8 | 1. Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian manusia | 2.1 Dapat mendiskripsikan interaksi sebagai proses sosial | Interaksi Sosial | VII/1 | Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial | PG | 32 |
| | 1.2. Dapat mendiskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian | Keselarasan sosial | VII/1 | Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial | PG | 33 |
| | 2.3 Dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial | Sosialisasi | VII/1 | Menjelaskan pengertian sosialisasi | PG | 34 |
| | 2.4 Dapat menguraikan proses interaksi sosial | Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial | VII/1 | Menyebutkan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial | PG | 35 |
| 8. Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya dan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat, dan upaya pencegahannya | 8.1 Dapat mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. | Penyimpangan sosial | VIII/1 | Menyebutkan penyebab prilaku penyimpangan sosial | PG | 36 |
| | | Fungsi pranata sosial | VIII/1 | Menyebutkan fungsi pranata sosial | PG | 37 |
| | 8.2 Dapat mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. | Penyimpangan sosial | VIII/1 | Menyebutkan jenis pengendalian penyimpangan sosial | PG | 38 |
| | | Lembaga Sosial | VIII/1 | Menyebutkan lembaga yang berfungsi mengadakan pengendalian sosial | PG | 39 |
| 10. Mendeskripsikan perkembangan lembaga internasional, kerja sama internasional dan peran Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan internasional, serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia | 10.1. Dapat mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian | Tujuan perdagangan internasional dan faktor pendorong perdagangan internasional. | IX/1 | Mendeskripsikan tujuan perdagangan internasional. | PG | 40 |
| | | Ekspor dan impor. | IX/1 | Mendeskripsikan alasan suatu negara membatasi impor. | PG | 41 |
| | 10.2 Dapat mendeskripsikan kerjasama antar negara di bidang ekonomi. | Bidang-bidang kerjasama ekonomi internasional. | IX/2 | Disajikan data tentang bidang kerjasama antar negara, siswa dapat menunjukkan bidang kerjasama ekonomi. | PG | 42 |
| | 10.3 Dapat mengidentifikasi dampak kerjasama antar negara terhadap perekonomian | Dampak kerjasama antar negara. | IX/2 | Mendeskripsikan dampak positif dan dampak negatif kerjasama internasional di bidang ilmu pengetahuan. | PG | 43 |
| 11. Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhannya | 11.1. Dapat mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam kaitannya dengan usaha memenuhi kebutuhan dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia | Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral | VII/1 | Menjelaskan hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi | PG | 44 |
| | 11.2. Dapat mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari | Macam-macam motif ekonomi | VII/1 | Memberikan contoh salah satu macam motif ekonomi | PG | 45 |
| | | Prinsip ekonomi | VII/1 | Menyebutkan contoh kegiatan ekonomi sehari-hari yang berdasarkan prinsip ekonomi | PG | 46 |
| 12. Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan | 12.1 Dapat mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan. | Kreatifitas. | VII/2 | Menunjukkan contoh kreatifitas dalam kehidupan sehari-hari. | PG | 47 |
| | 12.2 Dapat mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegitan konsumsi, produksi dan distribusi barang dan jasa | Konsumsi | VII/2 | Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi | PG | 48 |
| | | Produksi | VII/2 | Disajikan data tentang kegiatan ekonomi, siswa dapat menunjukkan yang termasuk kegiatan produksi | PG | 49 |
| | | Distribusi | VII/2 | Menyebutkan contoh usaha/pelaku yang bergerak di bidang distribusi | PG | 50 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar