Selasa, 08 Maret 2011

KISI-KISI IPS

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
Jenis Sekolah         : SMP
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kurikulum                : KTSP
Alokasi Waktu         : 120 menit
Jumlah Soal            : 50
Tahun Pelajaran       : 2010/2011

NO
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR KOMPETENSI LULUSAN
MATERI
BAHAN
KELAS
INDIKATOR SOAL
BENTUK
SOAL
NO
SOAL
1
1.    Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan


Dapat mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi,proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan


Vulkanisme

Sedimentasi


Batuan
VII/1

Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis erupsi

Siswa dapat mengidentifikasi tenaga sedimentasi penyebab terjadinya bentukan alam di muka bumi

Siswa dapat melengkapi bagan siklus batuan
PG



PG


PG


1

2


3
 
2.
3.    Membuat sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan


3.1.  Dapat menggunakan peta,atlas dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan

Unsur-unsur peta


Atlas



VII/2
Siswa dapat mengidentifikasi salah satu unsur peta


Siswa dapat menyebutkan perbedaan unsur-unsur atlas dan peta


PG



PG



4



5






3..2. Dapat  membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan obyek geografi

Peta tematik
VII/2

Disajikan data, siswa dapat mengurutkan langkah-langkah pembuatan peta tematik

PG



6



3
4.    Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan

4.4.  Dapat mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfir dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Susunan lapisan atmosfir
VII/2
Disajikan gambar lapisan atmosfir, siswa dapat  menunjukkan lapisan atmosfir  yang dapat memantulkan gelombang radio atau tempat gejala cuaca dan iklim.

PG
7



Jenis-jenis angin lokal
VII/2

Disajikan gambar  siswa dapat menyebutkan jenis angin lokal  tertentu

PG
8



Bentuk-bentuk tubuh air permukaan

VII/2

Disajikan data  siswa dapat menunjukkan nama bentuk-bentuk tubuh air permukaan
PG
9



Perairan laut

VII/2

Siswa dapat menyebutkan perairan laut menurut kedalamannya

PG
10
4
6.   Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan
6..1.   Dapat mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan.
Bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup.
VIII/1
Disajikan data, siswa dapat mengklasifikasikan bentuk-bentuk pencemaran lingkungan.
PG
11



Usaha pelestarian lingkungan hidup.

VIII/1

Siswa dapat menyebutkan usaha penanggulangan bahaya tanah longsor

PG


12




6.2.         Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap kehidupan.
Kuantitas penduduk Indonesia.
VIII/1
Disajikan data, siswa dapat mengklasifikasikan akibat persebaran penduduk tidak merata
PG
13



Kualitas penduduk Indonesia.
VIII/1

Siswa dapat menyebutkan usaha yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi masalah kualitas penduduk Indonesia..
PG
14
5
9.    Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera, keterkaitan unsur-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju dan berkembang


9.1.        Dapat mengidentifikasi ciri-ciri negara maju dan negara berkembang

Ciri-ciri negara maju

X/1

Menyebutkan ciri-ciri negara maju

PG

15



Contoh negara-negara maju beserta alasannya
IX/1
Menyebutkan contoh negara maju beserta alasannya
PG
16



Ciri-ciri negara berkembang
IX/1
Menyebutkan ciri-ciri negara berkembang
PG
17



Contoh negara-negara maju beserta alasannya
IX/1
Menyebutkan contoh negara berkembang
PG
18


9.2.   Dapat mengidentifikasi Negara-negara kawasan Asia Tenggara
Perekonomian Negara-negara Asia Tenggara

Menyebutkan komoditas ekspor salah satu negara di Asa Tenggara
PG
19



Negara-negara dikawasan Asia Tengara
IX/2
Menunjukkan salah satu Negara di kawasan Asia Tenggara
PG
20


9.3.   Dapat mengidentifikasi benua dan samudra
 Karakteristik benua dan samudera

Menyebutkan nama Negara di dunia
PG
21



Peta Samudera

Dapat menunjukkan lokasi salah satu samudera di dunia
PG
22
6
5.    Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan sejak Pra-Aksara, Hindu Budha, sampai masa Kolonial Eropa
5.1.   Dapat mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan sejak Pra Aksara, Hindu Budha sampai masa Kolonial Eropa
Jenis-jenis  manusia purba yang ditemukan di Indonesia
VII/1
Menyebutkan salah satu jenis fosil manusia purba terbesar dan tertua yang ditemukan di Indonesial
PG
23



Proses masuknya agama Hindu ke Indonesia

Menyebutkan salah satu teori tentang pembawa  agama Hindu ke Indonesia
PG
24



Peninggalan Kebudayaan Hindu Budha di Indonesia

Menyebutkan peninggalan kebudayaan Hindu di wilayah Kabupaten Kediri
PG
25



Tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia

Menyebutkan tujuan kedatangan bangsa Portugis ke Indonesia
PG
26



Reaksi rakyat Indonesia terhadap bangsa Eropa

Menyebutkan latar belakang terjadinya perlawanan Pangeran Diponegoro terhadap Belanda
PG
27
7
7.        Memahami proses kebangkitan nasional, usaha persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia


7.1. Dapat  menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional.identitas nasional dan pergerakan kebangsaan Indonesia

Organisasi yang lahir pada masa pergerakan nasional

VIII/1

Dapat menyebut salah satu orgnisasi yang lahir pada masa Radikal

PG

28


7.2.  Dapat menjelaskan Proses Persiapan Kemerdekaan
Pembentukan BPUPKI
VIII/2
Dapat menyebutkan hal hal yang dibahas dalam Sidang BPUPKI
PG
29


7.3. Dapat mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
Aktivitas diplomasi Indonesia di dunia Internasional
IX/1
Dapat menyebut isi keputusan  dari Konferensi meja Bundar
PG
30


7.4. Dapat  mendeskripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat
TRIKORA
IX/2
Dapat menyebut isi dari Trikora
PG
31
8
1.        Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian  manusia


2.1   Dapat mendiskripsikan interaksi sebagai proses    sosial

Interaksi Sosial

VII/1

Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial

PG

32


1.2.   Dapat mendiskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian


Keselarasan sosial
VII/1
Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial
PG
33


2.3   Dapat  mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
Sosialisasi
VII/1
Menjelaskan pengertian sosialisasi
PG
34


2.4    Dapat menguraikan proses interaksi sosial
Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial
VII/1
Menyebutkan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial
PG
35

8.        Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya dan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat, dan upaya pencegahannya

8.1  Dapat mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Penyimpangan sosial
VIII/1
Menyebutkan penyebab prilaku penyimpangan sosial
PG
36



Fungsi pranata sosial
VIII/1
Menyebutkan fungsi pranata sosial
PG
37


8.2   Dapat mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Penyimpangan sosial
VIII/1
Menyebutkan jenis pengendalian penyimpangan sosial
PG
38



Lembaga Sosial
VIII/1
Menyebutkan lembaga yang berfungsi mengadakan pengendalian sosial
PG
39

10.     Mendeskripsikan perkembangan lembaga internasional, kerja sama internasional  dan peran Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan  internasional, serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia

10.1.               Dapat mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
Tujuan perdagangan internasional dan faktor pendorong perdagangan internasional.


IX/1
Mendeskripsikan tujuan perdagangan internasional.
PG
40



Ekspor dan impor.
IX/1
Mendeskripsikan alasan suatu negara membatasi impor.
PG
41


10.2   Dapat mendeskripsikan kerjasama antar negara di bidang ekonomi.
Bidang-bidang kerjasama ekonomi internasional.
IX/2
Disajikan data tentang bidang kerjasama antar negara, siswa dapat menunjukkan bidang kerjasama ekonomi.
PG
42


10.3   Dapat mengidentifikasi dampak kerjasama antar negara terhadap perekonomian Indonesia.
Dampak kerjasama antar negara.
IX/2
Mendeskripsikan dampak positif dan dampak negatif kerjasama internasional di bidang ilmu pengetahuan.
PG
43

11.    Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhannya

11.1. Dapat mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial  dan ekonomi  yang bermoral dalam kaitannya dengan usaha memenuhi kebutuhan dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia
Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
VII/1
Menjelaskan hakekat manusia sebagai  makhluk sosial dan makhluk ekonomi
PG
44


11.2. Dapat mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
Macam-macam motif  ekonomi
VII/1
Memberikan contoh salah satu macam motif ekonomi
PG
45



Prinsip ekonomi
    VII/1
Menyebutkan contoh kegiatan ekonomi sehari-hari yang berdasarkan prinsip ekonomi
PG
46

12.    Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan

12.1  Dapat mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan.
Kreatifitas.
VII/2
Menunjukkan contoh kreatifitas dalam kehidupan sehari-hari.
PG
47


12.2   Dapat mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegitan konsumsi, produksi dan distribusi barang dan jasa
Konsumsi
VII/2
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi
PG
48



Produksi
VII/2
Disajikan data tentang kegiatan ekonomi, siswa dapat menunjukkan yang termasuk kegiatan produksi
PG
49



Distribusi
VII/2
Menyebutkan contoh usaha/pelaku yang bergerak di bidang distribusi
PG
50


Tidak ada komentar: