Selasa, 08 Maret 2011

KISI-KISI IPA

KISI –KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
SMP KAB KEDIRI TAHUN 2011
Jenis Sekolah
Program Studi
Mata Pelajaran
Kurikulum
:  SMP
:  -
:  Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
:  SKL
Alokasi Waktu
BentuK Soal
Jumlah Soal
Penyusun
:  120 menit
:  Pilihan Ganda
:  40 soal
:  TIM IPA KAB . KEDIRI



No.
Standar Kompetensi Lulusan
( SKL)
Indikator
Materi
Indikator Soal
No. Soal


1
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Membaca alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Pengukuran
·     Disajikan gambar alat ukur neraca 3 lengan siswa dapat membaca hasil pengukuran yang ditunjukkan gambar tersebut
1


2.
Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Menentukan besaran yang terkait dengan massa jenis
Massa Jenis
Disajikan data massa pada neraca dan volume benda dalam gelas ukur serta tabel massa jenis benda , siswa dapat menentukan jenis benda tersebut
2



Menjelaskan pengaruh suhu dan  pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
·     Pemuaian
Disajikan suatu cerita tentang peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian.
3




Menentukan salah satu besaran yang terkait dengan kalor dan pengaruhnya pada zat.
·     Kalor

Disajikan grafik perubahan suhu terhadap kalor suatu zat. Siswa dapat menghitung besarnya kalor yang diperlukan pada proses B-C.
4.


3.
Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi terjadinya gerak tersebut dalam kehidupan sehari-hari
·     Gerak (GLB dan GLBB)

Disajikan gambar mobil mainan pada bidang miring dan bidang datar   dengan kecepatannya, siswa dapat menentukan satu pernyataan GLBB dengan benar.

5.



Menentukan variabel dari rumus tekanan pada suatu zat
·     Tekanan pada benda padat, cair, dan gas
Disajikan gambar bejana berisi zat cair yang diisi ikan, peserta didik  dapat menentukan  tekanan hidrostatik Ph = p.g.h, bila variabel yang lain diketahui.

6.

No
Standar Kompetensi Lulusan
Kemampuan yang diuji
Materi
Indikator Soal
No. Soal

3.
Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari.
Alat-alat dalam kehidupan sehari-hari yang dapat mengubah satu bentuk energi ke energi bentuk lain antara lain: setrika, sepeda motor, generator, lampu minyak tanah, dll. 
Disajikan gambar alat, siswa dapat menyebutkan perubahan energy yang terjadi pada alat tersebut.
7

Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi
Energi Kinetik:
Ek = ½.m .v2
Keterangan:         
Ek = Energi kinetik (joule)
m    = massa (kg)
v   =     kecepatan (m/s )
Disajikan gambar. Siswa dapat menjelaskan energi kinetik yang terjadi.
8

Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Macam-macam pesawat sederhana:
a.      Katrol (tetap, bergerak, majemuk)
b.      Tuas (kail, tang, gunting, gerobak dorong, palu dll)
Bidang miring (pisau, kampak, sekrup, dll)
Disajikan gambar macam-macam pesawat sederhana, siswa dapat mengidentifikasi jenis pesawat sederhana dari gambar tersebut.
9

4.
Memahami konsep-konsep dan penerapan getaran getaran, gelombang, bunyi dan optik dalam kehidupan sehari-hari

Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang
Besaran-besaran dalam getaran dan gelombang antara lain: Frekuensi, Periode, Amplitudo, panjang gelombang dan cepat rambat gelombang.
Disajikan gambar gelombang, siswa dapat menentukan salah satu besaran pada gelombang.
10

Menjelaskan ciri atau sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya.
Salah satu manfaat bunyi pantul adalah untuk mengukur kedalaman sumur. Persamaannya adalah s=(v.t)/2 atau v=2s/t
Disajikan data waktu pengiriman dan pemantulan oleh sinyal serta kedalaman laut diketahui . Siswa dapat menentukan  cepat rambat bunyi di dalam air laut.
11

Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan di depan lensa atau cermin
Optik geometrik (cahaya) Persamaan hubungan antara jarak benda, jarak bayangan dan jarak fokus adalah
 =  + →M=││=│
Disajikan gambar benda didepan lensa, siswa dapat menentukan perbesaran bayangan yang dibentuk oleh lensa.
12

Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Cacat mata hipermetropi atau rabun dekat adalah cacat mata dimana mata tidak dapat melihat jelas pada jarak dekat, dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa positif.
Disajikan gambar cacat mata. Siswa dapat menjelaskan jenis cacat mata berdasar gambar tersebut.
13

5.
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan fenomena listrik statis
Listrik Statis
Disajikan data pernyataan tentang terbentuknya muatan listrik pada plastik dan kaca

14

Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik
Listrik dinamis
Disajikan gambar  rangkaian kombinasi seri-paralel, dapat menentukan hambatan pengantinya dengan benar jika hambatan penyusunnya diketahui.

15

Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
Energi dan daya listrik
Dapat menentukan  besar biaya pembayaran pemakaian energi listrik setiap bulan pada sebuah rumah, jika daya listrik peralatan, waktu penggunaanya , tarif per kWh diketahui serta biaya beban Listrik
16

Menjelaskana cara pembuatan magnet dan atau menentukan  kutub-kutub yang dihasilkan
Kemagnetan
Menjelaskan Cara pembuatan magnet dan atau menentukan kutub-kutub yang dihasilkan dalam bentuk gambar

17

Menjelaskan  faktor=faktor yang mempengaruhi GGL Induksi
Induksi elektromagnet
Disajikan beberapa data  berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi besar GGL Induksi
18

6.

Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
Menjelaskan karakteristik benda langit dalam tata surya
Sistem tata surya
Menjelaskan karakteristik benda langit dalam tata surya.

19

Menjelaskan fenomena yang terjadi akibat perubahan suhu di permukaan bumi, peredaran bumi atau peredaran bulan
Gerakan bumi (rotasi dan revolusi)
Menjelaskan fenomena yang terjadi akibat perubahan suhu di permukaan bumi, peredaran bumi atau peredaran bulan

20

7
Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup,komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
21.  Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
Cirri-ciri makhluk hidup : bernapas, bergerak, membutuhkan nutrisi, berkembangbiak, tumbuh dan berkembang, iritabilitas
·     Disajikan gambar tumbuhan dan hewan siswa dapat membedakan ciri  hidup tumbuhan dan hewan dengan benar
·         21
22.  Menentukan dasar pengelompokkan makhluk hidup
Cirri pengelompokkan makhluk hidup :  klasifikasi hewan dan klasifikasi tumbuhan

·     Menentukan dasar pengelompokkan pada tumbuhan berdasarkan gambar yang disajikan
·         22
23.  Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem

Interaksi pada makhluk hidup : rantai makanan, jarring-jaring makanan, piramida makanan, simbiosis, antibiosis

·     Disajikan data mahluk hidup di suatu ekosistem siswa dapat menentukan kedudukan mahluk hidup
·         23
24.  Menjelaskan cara atau tindakan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan : penghijauan, reboisasi,

·     Disajikan pernyataan tentang pencemaran lingkungan, peserta didik dapat menentukan cara mengatasi pencemaran air
·          
·         24
25.  Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup

Usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup :
pelestarian hutan, cagar alam, suakmargasatwa, kebun raya
·     Disajikan illustrasi tentang hewan langka, peserta didik dapat menentukan usaha untuk melestarikannya
·         25
26.  Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan
Hubungan kepadatan populasi makhluk hidup dengan lingkungan : timbulnya masalah  kebutuhan air bersih, udara bersih, kebutuhan bahan makanan, kebutuhan tempat tinggal, dan kerusakan lingkungan

·     Disajikan grafik,  peserta didik dapat menentukan hubungan antara kepadatan penduduk dengan kebutuhan bahan makanan

·         26
9.

Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada manusia dan tumbuhan

Menjelaskan bagian dan fungsi alat gerak pada sistem gerak manusia
Bentuk tulang ada 3 macam yaitu pipa, pipih dan pendek
Disajikan gambar rangka manusia, siswa dapat menunjukkan bentuk tulang

27

Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses tersebut
Pencernaan kimiawi dibantu oleh enzim yang dihasilkan oleh kelenjar pencernaan. Pada lambung terdapat enzim: pepsin dan renin
Disajikan gambar organ pencernaan pada manusia, peserta didik dapat menentukan fungsi enzim renin

28

Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia
Kelainan sistem peredaran darah :
1. Hemofilia
2. Anemia
3. Arterosklerosis
4. varises
.
Disajikan jenis penyakit dan kelainan pada sistem peredaran darah, peserta didik dapat menentukan jenis kelainan tersebut

29

Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal)
Tahap pembentukan urine: filtrasi, reabsorbsi, augmentasi
Peserta didik dapat menjelaskan tempat proses filtrasi pada ginjal, melalui sajian gambar

30

9.

Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada manusia dan tumbuhan

Menjelaskan sistem saraf pada manusia
Berdasarkan jalannya impuls saraf, gerak dibedakan menjadi gerak biasa dan gerak refleks
Diberikan data mengenai bagan penyusun sistem saraf pada manusia, peserta didik dapat menentukan jalannya impuls pada gerak biasa
31

Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan
Organ pokok pada tumbuhan meliputi akar, batang, dan daun.
Disajikan gambar irisan melintang daun, peserta didik dapat menentukan bagian yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis dan menampung karbondioksida
32

Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
Gerak tumbuhan dapat dibedakan menjadi 3 yaitu: nasti, tropi, dan taksis
Diberikan contoh berbagai pernyataan tentang gerak pada tumbuhan, peserta didik dapat menentukan gerak tropi.
33

Menjelaskan proses fotosintesis
berdasarkan percobaan tentang proses tersebut
Percobaan fotosintesis

Disajikan ilustrasi percobaan fotosintesis, peserta didik dapat menentukan kesimpulan dari percobaan fotosintesis
34

10.
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan
dan perkembangan, kelangsungan
hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan,
teknologi dan masyarakat

Menjelaskan konsep  perilaku
makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya

Konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya:
1.    adaptasi morfologi
2.    adaptasi fisiologi
3.    adaptasi tingkah laku
Peserta didik dapat menentukan contoh adaptasi tingkah laku dari pilihan jawaban yang diberikan
35

Menginterprestasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel


Hasil persilangan hukum mendel:
Persilangan monohibrida
Persilangan dihibrida
Disajikan diagram persilangan monohibrida, peserta didik dapat menentukan perbandingan fenotip F2
36

Menjelaskan teknologi reproduksi
yang tepat untuk meningkatkan
kualitas dan kuantitas organisme
disertai dengan contohnya.
Teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme:
Inseminasi buatan
Kultur jaringan
Hidroponik
Bayi tabung
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan teknologi reproduksi yang tepat sesuai dengan ilustrasi yang dimaksud
37

Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan

Pemanfaatan bioteknologi meliputi:
Bioteknologi konvensional
Bioteknologi modern
Disajikan ilustrasi pemanafaatn bioteknologi konvensional, peserta didik dapat menentukan mikrosorganisme yang berperan dalam proses tersebut
38

11
Menjelaskan bahan kimia (alami dan
 buatan) yang terdapat dalam bahan
makanan , zat adiktif dan psikotropika
serta pengaruhnya terhadap
 kesehatan

Mendeskripsikan bahan kimia ( alami
dan buatan) pada makanan serta
pengaruhnya terhadap kesehatan
Bahan kimia pada makanan: pemanis, pewarna, pengawet, dan penyedap secara alami dan buatan
Diberikan data zat aditif pada makanan, peserta didik dapat menentukan jenis pemanis alami


Mendeskripsikan pengaruh zat
adiktif/ psikotropika pada tubuh kita
Zat adiktif: psikotropika, narkotika, dan adiktif lainnya
Diberikan ilustrasi bahaya rokok, peserta didik dapat menentukan bahan kimia yang menyebabkan bahaya rokok tersebut.



Tidak ada komentar: