KISI –KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
SMP KAB KEDIRI TAHUN 2011
Jenis Sekolah Program Studi Mata Pelajaran Kurikulum | : SMP : - : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) : SKL | Alokasi Waktu BentuK Soal Jumlah Soal Penyusun | : 120 menit : Pilihan Ganda : 40 soal : TIM IPA KAB . KEDIRI |
No. | Standar Kompetensi Lulusan ( SKL) | Indikator | Materi | Indikator Soal | No. Soal | ||
1 | Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. | Membaca alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. | Pengukuran | · Disajikan gambar alat ukur neraca 3 lengan siswa dapat membaca hasil pengukuran yang ditunjukkan gambar tersebut | 1 | ||
2. | Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari | Menentukan besaran yang terkait dengan massa jenis | Massa Jenis | Disajikan data massa pada neraca dan volume benda dalam gelas ukur serta tabel massa jenis benda , siswa dapat menentukan jenis benda tersebut | 2 | ||
| Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari | · Pemuaian | Disajikan suatu cerita tentang peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian. | 3 | |||
| | Menentukan salah satu besaran yang terkait dengan kalor dan pengaruhnya pada zat. | · Kalor | Disajikan grafik perubahan suhu terhadap kalor suatu zat. Siswa dapat menghitung besarnya kalor yang diperlukan pada proses B-C. | 4. | ||
3. | Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | Membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi terjadinya gerak tersebut dalam kehidupan sehari-hari | · Gerak (GLB dan GLBB) | Disajikan gambar mobil mainan pada bidang miring dan bidang datar dengan kecepatannya, siswa dapat menentukan satu pernyataan GLBB dengan benar. | 5. | ||
| Menentukan variabel dari rumus tekanan pada suatu zat | · Tekanan pada benda padat, cair, dan gas | Disajikan gambar bejana berisi zat cair yang diisi ikan, peserta didik dapat menentukan tekanan hidrostatik Ph = p.g.h, bila variabel yang lain diketahui. | 6. | |||
No | Standar Kompetensi Lulusan | Kemampuan yang diuji | Materi | Indikator Soal | No. Soal | ||
3. | Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari. | Alat-alat dalam kehidupan sehari-hari yang dapat mengubah satu bentuk energi ke energi bentuk lain antara lain: setrika, sepeda motor, generator, lampu minyak tanah, dll. | Disajikan gambar alat, siswa dapat menyebutkan perubahan energy yang terjadi pada alat tersebut. | 7 | ||
Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi | Energi Kinetik: Ek = ½.m .v2 Keterangan: Ek = Energi kinetik (joule) m = massa (kg) v = kecepatan (m/s ) | Disajikan gambar. Siswa dapat menjelaskan energi kinetik yang terjadi. | 8 | ||||
Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Macam-macam pesawat sederhana: a. Katrol (tetap, bergerak, majemuk) b. Tuas (kail, tang, gunting, gerobak dorong, palu dll) Bidang miring (pisau, kampak, sekrup, dll) | Disajikan gambar macam-macam pesawat sederhana, siswa dapat mengidentifikasi jenis pesawat sederhana dari gambar tersebut. | 9 | ||||
4. | Memahami konsep-konsep dan penerapan getaran getaran, gelombang, bunyi dan optik dalam kehidupan sehari-hari | Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang | Besaran-besaran dalam getaran dan gelombang antara lain: Frekuensi, Periode, Amplitudo, panjang gelombang dan cepat rambat gelombang. | Disajikan gambar gelombang, siswa dapat menentukan salah satu besaran pada gelombang. | 10 | ||
Menjelaskan ciri atau sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya. | Salah satu manfaat bunyi pantul adalah untuk mengukur kedalaman sumur. Persamaannya adalah s=(v.t)/2 atau v=2s/t | Disajikan data waktu pengiriman dan pemantulan oleh sinyal serta kedalaman laut diketahui . Siswa dapat menentukan cepat rambat bunyi di dalam air laut. | 11 | ||||
Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan di depan lensa atau cermin | Optik geometrik (cahaya) Persamaan hubungan antara jarak benda, jarak bayangan dan jarak fokus adalah = + →M=││=││ | Disajikan gambar benda didepan lensa, siswa dapat menentukan perbesaran bayangan yang dibentuk oleh lensa. | 12 | ||||
Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. | Cacat mata hipermetropi atau rabun dekat adalah cacat mata dimana mata tidak dapat melihat jelas pada jarak dekat, dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa positif. | Disajikan gambar cacat mata. Siswa dapat menjelaskan jenis cacat mata berdasar gambar tersebut. | 13 | ||||
5. | Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Menjelaskan fenomena listrik statis | Listrik Statis | Disajikan data pernyataan tentang terbentuknya muatan listrik pada plastik dan kaca | 14 | ||
Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik | Listrik dinamis | Disajikan gambar rangkaian kombinasi seri-paralel, dapat menentukan hambatan pengantinya dengan benar jika hambatan penyusunnya diketahui. | 15 | ||||
Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari | Energi dan daya listrik | Dapat menentukan besar biaya pembayaran pemakaian energi listrik setiap bulan pada sebuah rumah, jika daya listrik peralatan, waktu penggunaanya , tarif per kWh diketahui serta biaya beban Listrik | 16 | ||||
Menjelaskana cara pembuatan magnet dan atau menentukan kutub-kutub yang dihasilkan | Kemagnetan | Menjelaskan Cara pembuatan magnet dan atau menentukan kutub-kutub yang dihasilkan dalam bentuk gambar | 17 | ||||
Menjelaskan faktor=faktor yang mempengaruhi GGL Induksi | Induksi elektromagnet | Disajikan beberapa data berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi besar GGL Induksi | 18 | ||||
6. | Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya | Menjelaskan karakteristik benda langit dalam tata surya | Sistem tata surya | Menjelaskan karakteristik benda langit dalam tata surya. | 19 | ||
Menjelaskan fenomena yang terjadi akibat perubahan suhu di permukaan bumi, peredaran bumi atau peredaran bulan | Gerakan bumi (rotasi dan revolusi) | Menjelaskan fenomena yang terjadi akibat perubahan suhu di permukaan bumi, peredaran bumi atau peredaran bulan | 20 | ||||
7 | Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup,komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan. | 21. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup | Cirri-ciri makhluk hidup : bernapas, bergerak, membutuhkan nutrisi, berkembangbiak, tumbuh dan berkembang, iritabilitas | · Disajikan gambar tumbuhan dan hewan siswa dapat membedakan ciri hidup tumbuhan dan hewan dengan benar | · 21 | ||
22. Menentukan dasar pengelompokkan makhluk hidup | Cirri pengelompokkan makhluk hidup : klasifikasi hewan dan klasifikasi tumbuhan | · Menentukan dasar pengelompokkan pada tumbuhan berdasarkan gambar yang disajikan | · 22 | ||||
23. Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem | Interaksi pada makhluk hidup : rantai makanan, jarring-jaring makanan, piramida makanan, simbiosis, antibiosis | · Disajikan data mahluk hidup di suatu ekosistem siswa dapat menentukan kedudukan mahluk hidup | · 23 | ||||
24. Menjelaskan cara atau tindakan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan | Usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan : penghijauan, reboisasi, | · Disajikan pernyataan tentang pencemaran lingkungan, peserta didik dapat menentukan cara mengatasi pencemaran air · | · 24 | ||||
25. Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup | Usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup : pelestarian hutan, cagar alam, suakmargasatwa, kebun raya | · Disajikan illustrasi tentang hewan langka, peserta didik dapat menentukan usaha untuk melestarikannya | · 25 | ||||
26. Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan | Hubungan kepadatan populasi makhluk hidup dengan lingkungan : timbulnya masalah kebutuhan air bersih, udara bersih, kebutuhan bahan makanan, kebutuhan tempat tinggal, dan kerusakan lingkungan | · Disajikan grafik, peserta didik dapat menentukan hubungan antara kepadatan penduduk dengan kebutuhan bahan makanan | · 26 | ||||
9. | Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada manusia dan tumbuhan | Menjelaskan bagian dan fungsi alat gerak pada sistem gerak manusia | Bentuk tulang ada 3 macam yaitu pipa, pipih dan pendek | Disajikan gambar rangka manusia, siswa dapat menunjukkan bentuk tulang | 27 | ||
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses tersebut | Pencernaan kimiawi dibantu oleh enzim yang dihasilkan oleh kelenjar pencernaan. Pada lambung terdapat enzim: pepsin dan renin | Disajikan gambar organ pencernaan pada manusia, peserta didik dapat menentukan fungsi enzim renin | 28 | ||||
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia | Kelainan sistem peredaran darah : 1. Hemofilia 2. Anemia 3. Arterosklerosis 4. varises . | Disajikan jenis penyakit dan kelainan pada sistem peredaran darah, peserta didik dapat menentukan jenis kelainan tersebut | 29 | ||||
Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal) | Tahap pembentukan urine: filtrasi, reabsorbsi, augmentasi | Peserta didik dapat menjelaskan tempat proses filtrasi pada ginjal, melalui sajian gambar | 30 | ||||
9. | Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada manusia dan tumbuhan | Menjelaskan sistem saraf pada manusia | Berdasarkan jalannya impuls saraf, gerak dibedakan menjadi gerak biasa dan gerak refleks | Diberikan data mengenai bagan penyusun sistem saraf pada manusia, peserta didik dapat menentukan jalannya impuls pada gerak biasa | 31 | ||
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan | Organ pokok pada tumbuhan meliputi akar, batang, dan daun. | Disajikan gambar irisan melintang daun, peserta didik dapat menentukan bagian yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis dan menampung karbondioksida | 32 | ||||
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar | Gerak tumbuhan dapat dibedakan menjadi 3 yaitu: nasti, tropi, dan taksis | Diberikan contoh berbagai pernyataan tentang gerak pada tumbuhan, peserta didik dapat menentukan gerak tropi. | 33 | ||||
Menjelaskan proses fotosintesis berdasarkan percobaan tentang proses tersebut | Percobaan fotosintesis | Disajikan ilustrasi percobaan fotosintesis, peserta didik dapat menentukan kesimpulan dari percobaan fotosintesis | 34 | ||||
10. | Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat | Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya | Konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya: 1. adaptasi morfologi 2. adaptasi fisiologi 3. adaptasi tingkah laku | Peserta didik dapat menentukan contoh adaptasi tingkah laku dari pilihan jawaban yang diberikan | 35 | ||
Menginterprestasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel | Hasil persilangan hukum mendel: Persilangan monohibrida Persilangan dihibrida | Disajikan diagram persilangan monohibrida, peserta didik dapat menentukan perbandingan fenotip F2 | 36 | ||||
Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya. | Teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme: Inseminasi buatan Kultur jaringan Hidroponik Bayi tabung | Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan teknologi reproduksi yang tepat sesuai dengan ilustrasi yang dimaksud | 37 | ||||
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan | Pemanfaatan bioteknologi meliputi: Bioteknologi konvensional Bioteknologi modern | Disajikan ilustrasi pemanafaatn bioteknologi konvensional, peserta didik dapat menentukan mikrosorganisme yang berperan dalam proses tersebut | 38 | ||||
11 | Menjelaskan bahan kimia (alami dan buatan) yang terdapat dalam bahan makanan , zat adiktif dan psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan | Mendeskripsikan bahan kimia ( alami dan buatan) pada makanan serta pengaruhnya terhadap kesehatan | Bahan kimia pada makanan: pemanis, pewarna, pengawet, dan penyedap secara alami dan buatan | Diberikan data zat aditif pada makanan, peserta didik dapat menentukan jenis pemanis alami | | ||
Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/ psikotropika pada tubuh kita | Zat adiktif: psikotropika, narkotika, dan adiktif lainnya | Diberikan ilustrasi bahaya rokok, peserta didik dapat menentukan bahan kimia yang menyebabkan bahaya rokok tersebut. | | ||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar