KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH
KABUPATEN KEDIRI
TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011
Jenis Sekolah : SMP/MTs.
Nama Sekolah : SMP N 4 pare
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Standar Kompetensi Lulusan | Indikator | Uraian Materi | Indikator Soal | No. Soal |
Membaca Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita, opini/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel, dan drama. | Menentukan gagasan utama | Gagasan utama | Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama yang terdapat dalam paragraf. | 1 |
Menentukan kalimat utama | Kalimat utama | Disajikan sebuah pargraf, siswa dapat menentukan kalimat utama terdapat dalam paragraf. | 2 | |
Menentukan kritik terhadap isi bacaan | Kritik | Disajikan sebuah teks bacaan, siswa dapat menentukan kritik isi bacaan. | 3 | |
Menentukan persamaan isi berita | Persamaan isi berita | Disajikan dua teks berita, siswa dapat menentukan persamaan isi dari kedua teks berita | 4 | |
Menentukan perbedaan penyajian berita | Perbedaan penyajian berita | Disajikan dua teks berita,siswa dapat menentukan perbedaan penyajian dari kedua teks berita | 5 | |
Menentukan kalimat fakta dalam paragraf | Kalimat fakta | Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat fakta dalam paragraf. | 6 | |
Menentukan dua kalimat pendapat pada paragraf | Kalimat pendapat | Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan dua kalimat pendapat dalam paragraf | 7 | |
Menentukan simpulan isi paragraf | simpulan | Disajikan dua buah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan isi paragraF | 8 | |
Menentukan gagasan utama tajuk | Gagasan utama tajuk | Disajikan sebuah teks tajuk, siswa dapat menentukan gagasan utama dalam teks tajuk . | 9 | |
Menentukan kalimat fakta dalam tajuk | Kalimat fakta tajuk | Disajikan sebuah teks tajuk, siswa dapat kalimat fakta dalam teks tajuk. | 10 | |
Menentukan keberpihakan penulis tajuk | Keberpihakan penulis | Disajikan sebuah teks tajuk, siswa dapat menentukan keberpihakan penulis dalam teks tajuk . | 11 | |
Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bagan | Isi bagan | Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bagan. | 12 | |
Menentukan simpulan isi grafik, tabel, bagan, denah, atau peta. | Simpulan tabel | Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan simpulan isi table. | 13 | |
Menentukan pertanyaan yang jawabnya terdapat dalam tabel. | Isi tabel | Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabananya terdapat dalam table. | 14 | |
Menentukan perjalanan yang paling efektif berdasarkan peta (denah) | Peta | Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan perjalanan yang paling efektif berdasarkan peta (denah). | 15 | |
Menentukan tema puisi | Tema puisi | Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan tema puisi | 16 | |
Menentukan suasana yang tergambar pada puisi. | Suasana puisi | Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan suasana yang tergambar dalam puisi. | 17 | |
Menentukan citraan pada puisi | Citraan puisi | Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan citraan pendengaran pada puisi. | 18 | |
Menentukan misi/tujuan puisi | Misi/tujuan puisi | Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan misi / tujuan puisi. | 19 | |
Menentukan bukti perwatakan tokoh dalam penggalan cerpen | Perwatakan tokoh | Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menetukan bukti perwatakan tokoh dalam penggalan cerpen. | 20 | |
Menentukan bukti latar (waktu, tempat, suasana) dalam penggalan cerpen. | latar | Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan bukti latar tempat dalam penggalan cerpen. | 21 | |
Menentukan sudut pandang dalam penggalan cerpen. | Sudut pandang pengarang | Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menetukan sudut pandang dalam penggalan cerpen. | 22 | |
Menentukan perbedaan tema atau sudut pandang dalam penggalan novel. | Perbedaan tema dan sudut pandang novel | Disajikan penggalan novel, siswa dapat menetukan perbedaan sudut pandang dalam penggalan novel. | 23 | |
Menentukan latar (waktu, tempat) dalam kutipan drama | Latar drama | Disajikan kutipan drama, siswa dapat menentukan latar waktu dalam kutipan drama. | 24 | |
| Menentukan amanat dalam kutipan drama | Amanat drama | Disajikan kutipan drama, siswa dapat menentukan amanat dalam kutipan drama. | 25 |
Menulis Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasidan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama | Menentukan kalimat dalam buku harian sesuai dengan ilustrasi. | Buku harian | Disajikan illustrasi pengalaman pribadi,siswa dapat menentukan kalimat dalam buku harian sesuai illustrasi. | 26 |
Melengkapi pesan | Pesan | Disajikan pesan yang rumpang, siswa dapat menentukan bagian pesan yang tepat | 27 | |
Menentukan isi pesan singkat sesuai dengan ilustrasi | Isi pesan | Disajikan illustrasi pesan singkat,siswa dapat menentukan isi pesan singkat. | 28 | |
Menyusun deretan kalimat menjadi paragraf yang padu | Menyusun paragraf | Disajikan beberapa kalimat yang susunannya diacak, siswa dapat menentukan kalimat paragraf yang padu. | 29 | |
Melengkapi bagian surat pribadi yang rumpang | Surat pribadi | Disajikan surat pribadi yang dirumpangkan, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang . | 30 | |
Melengkapi bagian surat resmi yang rumpang | Surat resmi | Disajikan penggalan surat resmi yang rumpang , siswa dapat menentukan bagian alamat surat yang dirumpangkan . | 31 | |
Memperbaiki bagian surat resmi yang tidak tepat | Menyunting surat resmi | Disajikan penggalan surat resmi yang penulisan tanggal surat tidak tepat, siswa dapat menemukan perbaikan penulisan tanggal surat. | 32 | |
Menentukan rangkuman bacaan | Rangkuman bacaan | Disajikan teks bacaan, siswa dapat menentukan rangkuman teks bacaan. | 33 | |
Menentukan slogan yang sesuai dengan ilustrasi | slogan | Disajikan illustrasi gambar, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai dengan illustrasi. | 34 | |
Melengkapi kalimat rumpang dalam petunjuk melakukan sesuatu | Kalimat petunjuk | Disajikan kalimat petunjuk yang rumpang, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang. | 35 | |
Menyusun deretan kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak | Menyusun kalimat petunjuk | Disajikan beberapa kalimat petunjuk yang acak, siswa dapat menentukan susunan kalimat petunjuk yang tepat. | 36 | |
Menentukan bagian-bagian dalam teks pidato | Bagian teks pidato | Disajikan illustrasi pidato, siswa dapat menentukan bagian isi pidato yang tepat sesuai illustrasi. | 37 | |
Melengkapi teks pidato yang rumpang | Teks pembuka pidato | Disajikan teks pidato yang rumpang, siswa dapat menentukan kalimat pembuka untuk melengkapi teks . | 38 | |
Melengkapi teks pidato yang rumpang | Penutup pidato | Disajikan teks pidato yang rumpang, siswa dapat menentukan kalimat penutup untuk melengkapi teks | 39 | |
Menentukan rumusan masalah karya ilmiah berdasarkan tema | Rumusan masalah karya ilmiah | Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan masalah berdasarkan tema. | 40 | |
Menentukan latar belakang suatu karya ilmiah berdasarkan identifikasi masalah | Latar belakang karya ilmiah | Disajikan identifikasi masalah, siswa dapat menentukan latar belakang yang sesuai dengan identifikasi masalah.. | 41 | |
Menentukan penulisan daftar pustaka | Daftar pustaka | Disajikan identitas buku, siswa dapat menentukan penulisan daftar pustaka yang tepat. | 42 | |
Memperbaiki kalimat tidak efektif dalam paragraf | Menyunting kalimat | Disajikan kalimat yang tidak efektif dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikian kalimat yang tidak efektif. | 43 | |
Memperbaiki pilihan kata yang salah dalam paragraf | Menyunting kata | Disajiakan pilihan kata yang salah dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan pilihan kata yang tepat. | 44 | |
Memperbaiki penulisan huruf | Menyunting huruf | Disajikan beberapa penggunaan huruf kapital yang salah dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat. | 45 | |
Melengkapi pantun yang rumpang | pantun | Disajikan sebuah pantun yang dirumpangkan, siswa dapat menentukan larik yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang. | 46 | |
Melengkapi puisi dengan larik bermajas | Majas puisi | Disajikan sebuah puisi yang dirumpangkan, siswa dapat menentukan larik yang bermajas untuk melengkapi bagian yang rumpang. | 47 | |
Melengkapi kutipan dialog drama yang rumpang | Dialog drama | Disajikan kutipan dialog drama yang dirumpangkan, siswa dapat menentukan dialog yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang | 48 | |
Menentukan bukti watak tokoh kutipan drama. | Watak tokoh drama | Disajikan kutipan dialog drama, siswa dapat menentukan bukti watak tokoh drama yang tepat. | 49 | |
| | | | |
| Menentukan puisi yang sesuai dengan ilustrasi | Puisi | Disajikan gambar, siswa dapat menentukan puisi sesuai ilustrasi | 50 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar