KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH SMP
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Jenis Sekolah : SMP Bentuk Tes : Pilihan Ganda = 50 butir
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Islam Kurikulum : KTSP (2006)
No. | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | BENTUK SOAL | I N D I K A T O R | NO. SOAL |
1 | Mengamalkan ajaran al Qur’an dan al Hadits dalam kehidupan sehari-hari | Mempraktikkan hukum bacaan Nun mati/ Tanwin dan mim mati | Hukum bacaan Nun mati/ Tanwin dan mim mati | PG | Menunjukkan contoh-contoh bacaan iqlab | 01 |
2 | Menerapkan aqidah Islam dalam kehidupan sehari-hari | Beriman kepada Allah dan memahami sifat-sifat-Nya | Iman kepada Allah SWT. | PG PG | Menjelaskan sifat wajib qidam. Menjelaskan sifat mustahil huduts. | 02 03 |
3 | Menerapkan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari | Melakukan sholat wajib | Shalat Fardlu | PG PG | Menjelaskan pengertian tumakninah Menjelaskan fungsi shalat dalam kehidupan sehari-hari | 04 05 |
4 | Menerapkan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari | Melakukan sholat jamak qashar | Shalat Jamak Qashar | PG PG | Menjelaskan syarat-syarat syah nya shalat jamak Menjelaskan syarat-syarat shalat qoshor | 06 07 |
5 | Menerapkan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari | Melakukan puasa wajib | Puasa wajib | PG | Menjelaskan kwajiban orang yang puasa nadzar.Menjelaskan orang-orang yang diperbolehkan tidak berpuasa Romadhon | 08 09 |
6 | Menerapkan akhlaqul karimah (akhlak yang mulia) dan menghindari akhlak tercela kehidupan sehari-hari | Menjelaskan pengertian tawakkal. Menjelaskan pengertian ananiyah | Perilaku terpuji Perilaku tercela | PG PG | Menyebutkan manfaat tawakkalMenjelaskan bahaya ananiyah dalam kehidupan | 10 11 |
7 | Menerapkan aqidah Islam dalam kehidupan sehari-hari | Beriman kepada Rasul Allah serta memahami sifat dan tugasnya | Iman kepada Rasul All | PG PG | Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul AllahMenyebutkan Rasul yang termasuk dalam Ulul Azmi. | 12 13 |
8 | Menerapkan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari | Menerapkan ketentuan hukum Islam tentang binatang yang dihalalkan dan yang diharamkan dan menyebutkan binatang yang diharamkan dan madharatnya | Hewan yang halal dan haram untuk dimakan | PG | Menjelaskan jenis hewan yang haram dimakan karena Nash Al-Qur’an | 14 |
9 | Memahami al qur’an surat at Tiin | Mampu membaca, mengartikan dan menyalin al Qur’an surat atTiin | Al Qur’an surat at Tiin | PG | Menyebutkan makna yang terkandung dalam al Qur’an surat al at Tiin | 15 |
10 | Memahami ajaran al Hadits tentang menuntut ilmu | Membaca, mengartikan, dan menyalin hadits tentang menuntut ilmu | Hadits tentang menuntut ilmu | PG PG | Mengartikan potongan hadits tentang menuntut ilmu Menyebutkan peranan ilmu dalam kehidupan | 16 17 |
11 | Meningkatkan keimanan kepada hari akhir | - Beriman kepada hari akhir dan pembalasan amal baik dan buruk | Iman kepada hari akhir | PG PG PG PG | Mendefinisikan iman kepada hari akhir Menyebutkan tanda-tanda datangnya kiamat Menyebutkan nama nama hari kiyamat Menyebutkan fungsi iman kepada hari akhir | 18 19 20 21 |
12 | Membiasakan prilaku terpuji | - Berprilaku dengan sifat qona’ah dan tasamuh | Qonq’qh dqn Tasamuh | PG PG | Menjelaskankan fungsi qona’ah Menyebutkan fungsi toleransi/tasamuh | 22 23 |
13 | Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan | - Menjelaskan tata cara penyembelihan hewan - Menjelaskan ketentuan aqiqah dan kurban | Penyembelihan hewan | PG PG | Menyebutkan alat yang syah digunakan utuk penyembelihan Menyebutkan manfaat aqiqah | 24 25 |
14 | Memahami hukum Islam tentang haji dan umroh | Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umroh | Ibadah Haji dan Umroh | PG PG PG | Menyebutkan syarat-syarat wajib haji haji Menyebutkan larangan-larangan haji Menjelaskan 3 cara mengerjakan haji | 26 27 28 |
15 | Memahami perkembangan Islam di Nusantara | Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial dan pengajaran - Menceritakan beberapa Kerajaan Islam di Jawa, Sumatra dan Sulawesi | Perkembangan Islam di Nusantara | PG PG | Menyebutkan sejarah masuknya Islam di Nusantara Menyebutkan kerajaan Islam yang pertama kali berdiri di Sumatera | 29 30 |
16 | Memahami al Qur’an surat al Insyiroh | Menyebutkan arti QS. Al Insiroh - Sda. - Mempraktikkan prilaku dalam beberapa dan berserah diri kepada Allah | QS al Insiroh | PG PG PG | Mengartikan ayat ke-2 QS al Insiroh Mengartikan ayat ke-6 al Qur’an surat al Insiroh Menyebutkan isi kandungan al Qur’an | 31 32 33 |
17 | Memahami ajjaran al Hadits tentang kebersihan | Mmenyebutkan arti al hadits tentang kebersihan - Menampilkan prilaku bersih seperti dalam hadits | Hadits tentang kebersihan | PG PG | Menjelaskan makna kebersihan seperti terkandung dalam hadits Mengartikan potongan hadits tentang kebersihan | 34 35 |
18 | Meningkatkan keimanan kepada qodho’ dan qodar | Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qodho’ dan qodar - Menyebutkan contoh-contoh qodho’ dan qodar dalam kehidupan sehari-hari | Iman kepada Qodho’ dan Qodar | PG PG PG PG PG PG | Menjelaskan pengertian qodar Menjelaskan macam macam taqdir Menjelaskan pengertian zaman azaly Menyebutkan hal-hal yang termasuk qodho’ Menyebutkan contoh taqdir muallaq Menyebutkan fungsi iman pada qodho’ dan qodar | 36 37 38 39 40 41 |
19 | Menghindari perilaku tercela | Menyebtukan pengertian takabur - Menyebutan dalil tentang takabur | Perilaku tercela | PG PG | Menjelaskan pengertian takabur Menyebutkan kandungan hadits terkait dengan sifat takabur | 42 43 |
20 | Memahami tatacara berbagai sholat sunat | Mempraktikkan sholat sunat berjama’ah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari | Sholat sunat jama’ah dan munfarid | PG PG PG PG | Menyebutkan waktu pelaksanaan sholat Idul Adha Menyebutkan jumlah rokaat sholat sunat witir Menyebutkan waktu pelaksanaan sholat Dhuha Menjelaskan tata cara sholat tahiyatul masjid | 44 45 46 47 |
21 | Memahami tradisi Islam di Nusantara | Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian tradisi Nasional | Sejarah tradisi Islam di Nusantara | PG PG PG | Menyebutkan seni budaya lokal bernuansa Islam S d a. S d a. | 48 49 50 |